Perbedaan Blog dan Website

 In Info

Pengertian Blog

Menurut Wikipedia, blog merupakan singkatan dari web log, adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Pengertian website

Menurut Wikipedia, website adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok atau organisasi. Sederhananya, website adalah istilah umum yang digunakan untuk menyebut semua situs web yang ada di internet, contoh www.jetorbit.com, www.facebook.com, www.wordpress.com, www.blogspot.com, dan lain-lain.

Perbedaan Blog dan Website

Blog merupakan bagian dari website. Namun tidak semua website adalah blog karena website mencakup semua jenis halaman yang diterbitkan dalam di internet.

Blog dan web berkembang dengan sangat pesat seiring dengan perkembangan jaringan komputer dan teknologi internet. Hal ini menyebabkan blog dan website semakin menjamur, baik yang sifatnya pribadi atau perorangan dan perusahaan atau company.

Blog dan website bukan hal yang sama meskipun pada dasarnya blog dan website memiliki persamaan. Namun blog dan website memiliki beberapa perbedaan yang perlu Anda ketahui.

  • Konten

Perbedaan pertama dapat dilihat dari segi konten. Blog biasanya berisi catatan pribadi tentang berbagai hal, seperti artikel, video, atau terkait tema yang diminati oleh pemilik blog. Konten blog kebanyakan berupa “kepribadian” si pemilik, misal tentang pendapat terkait suatu peristiwa, pengalaman pribadi, atau aktivitas pribadi.

Anda dapat membuat blog dengan berbagai tema sesuai minat Anda atau fokus pada 1 tema.

Sedangkan konten website berupa informasi penting mengenai produk atau layanan. Jika Anda membuat website perusahaan maka di halaman awal biasanya terdapat informasi tentang perusahaan. Informasi lain meliputi profil, visi dan misi, program, struktur organisasi, kontak hingga informasi layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.

Bahkan website company profile dapat juga menyertakan laman khusus untuk blogging, isinya berupa berita terkini perusahaan.

  • Formal dan Informal Konten

Blog biasanya menggunakan Bahasa lebih sederhana dan informal untuk mendeskripsikan konten. Sedangkan website umumnya menggunakan bahasa formal untuk menggambarkan isi, biasanya tidak menggunakan kata ganti orang sehingga terkesan sangat formal dan universal.

  • Coding

Jika Anda memilih blog maka Anda tidak perlu khawatir karena Anda tidka perlu seseorang yang ahli di bidang perkodean. Anda cukup download template dan mulai belajar terkait dasar-dasar pengkodean.

Jika Anda memiliki website maka Anda harus paham pengkodean, seperti CSS3, HTML5, PHP, dan lain-lain.

  • Platform

Blog banyak dibuat melalui aplikasi Blogspot dan WordPress. Jarang sekali blog dibuat dari dasar (from scratch) menggunakan teknik koding manual. Sedangkan website, misalnya website perusahaan dapat dibuat dari berbagai jenis teknologi. Anda dapat menggunakan website builder, seperti Wix, Weebly atau Webnode. Anda juga dapat membuat dengan Content Management System (CMS), misal dengan WordPress, Joomla, Magento.

  • Biaya

Biaya pembuatan dan perawatan blog jauh lebih murah dibandingkan dengan website. Membuat blog bahkan tersedia banyak platform gratis, seperti Blogspot dan WordPress. Anda tidak akan dikenakan biaya ketika menulis blog di situs ini.

Sementara untuk website company profile misalnya, diperlukan biaya lebih karena profesionalitas diperhatikan. Anda juga butuh memilih jenis hosting dan nama domain sendiri. Website perusahaan yang dibuat khusus juga membutuhkan biaya development.

Anda dapat mengunjungi https://www.jetorbit.com/ untuk memilih hosting sesuai kebutuhan Anda dengan harga terjangkau.

  • Performa

Hal ini sebenarnya juga mencakup blog dan website jenis tertentu (website gratis). Blog menggantungkan diri dari performa platform, seperti Blogger atau WordPress. Hal ini juga terjadi untuk website builder apalagi yang gratisan.

Website perusahaan yang memakai hosting terpisah akan lebih bebas. Website dapat menggunakan berbagai pilihan hosting, misal memakai VPS terbaik untuk akses yang sangat cepat.

  • Homepage

Homepage untuk blog dan website berbeda. Homepage pada blog dibanjiri oleh berbagai tulisan yang telah diposting. Sedangkan untuk sebuah website, homepage menjelaskan isi dasar situs web. Hal ini akan memberitahu pengunjung tentang jenis produk yang ditawarkan oleh website tersebut.

  • Search Engine

Saat pengguna mencari menggunakan mesin pencari tertentu maka blog akan dicari lebih banyak dibandingkan website karena isi blog terus menerus berubah. Hal tersebut menyebabkan mesin pencari melakukan pencarian lebih banyak ke blog. Sedangkan isi website statis sehingga website memiliki pencarian yang terbatas.

  • Interaksi Pengguna

Blog dianggap lebih interaktif karena blog menawarkan pengunjung untuk memberikan komentar, menyukai, dan membagikan postingan. Sedangkan website biasanya ada admin yang memblok komentar sehingga membuat website kurang interaktif.

  • Blog Memiliki Tim Editor yang Lebih Sedikit daripada Website

Apabila kita lihat dari segi konten maka antara blog dan website memiliki tim editor yang harus terampil untuk memperbaiki struktur dari konten agar enak dibaca. Jika kita lihat dari tim editornya, blog memiliki tim editor lebih sedikit dibandingkan dengan website. Bisa saja blog tidak menggunakan tim editor sehingga langsung saja dari penulis kemudian dipost ke blog. Tentu saja hal ini yang membedakan kualitas penulisan antara blog dengan website. 

  • Rating

Blog dianggap aktif bergantung pada jumlah pengunjung aktif yang dimiliki. Jumlah pembaca menentukan peringkat blog karena rating yang baik sangat penting bagi blog untuk mendapatkan lalu lintas sebanyak mungkin. Sedangkan website tidak dipengaruhi oleh hal-hal seperti pada blog.

  • Waktu

Jika Anda ingin mengirim posting pada blog maka kirimkan antara pukul 08.00-12.00 untuk menarik pembaca ke blog Anda. Namun website tidak ada hubungannya dengan itu, website tidak bergantung pada waktu.

Nah, sekian penjelasan dari perbedaan blog dan website. Semoga Anda semakin paham 😊

Recent Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Start typing and press Enter to search

pengertian-fungsi-cara kerja-plugin