Mengetahui Apa Itu Phising dan Mengatasinya

Sharing is caring!

Pengertian Phising

Phising adalah suatu metode untuk melakukan penipuan dengan mengelabui target dengan maksud untuk mencuri akun target.

Phising dapat dikatakan mencuri informasi penting dengan mengambil alih akun korban untuk tujuan tertentu. Phising biasanya sering digunakan pada email yang mana penyebaran melalui email ini dilakukan untuk memberikan informasi yang mengarah ke halaman palsu dengan maksud untuk menjebak korban.

Cara Mengatasi Phising

Berikut ini tips mengatasi phising:

  • Gunakan Logika dan Berpikir Cerdas

Peluang untuk lolos dari tipuan phising adalah bagaimana Anda mampu berpikir logis dan cerdas saat browsing online dan memeriksa email Anda.

Untuk memutuskan mengklik link di email, Anda harus sangat yakin bahwa email tersebut otentik. Jika ragu, cobalah membuka jendela browser baru dan ketik URL ke address bar.

Berhati-hatilah terhadap email yang meminta informasi rahasia, terutama jika berkaitan dengan informasi pribadi atau informasi perbankan.

  • Berhati-hati dengan Link yang Dipersingkat

Penjahat cyber seringkali memanfaatkan link yang dipersingkat. Umumnya kita bisa menemui kasus seperti ini di media sosial dengan tujuan untuk menipu Anda (berpikir mengklik link yang legitimate padahal sebenarnya merupakan situs palsu).

Anda arahkan mouse ke link web dalam email untuk melihat apakah Anda benar-benar dikirim ke situs yang tepat. Jika tepat, maka yang muncul dalam teks email sama dengan saat Anda lihat ketika menggunakan mouse. Apabila berbeda, maka link itu adalah phishing.

  • Perhatikan Email dengan Teliti

Biasanya jika banyak kesalahan dalam pengetikan huruf dan tanda seru atau penggunaan salam yang janggal maka email tersebut dilihat jelas sebagai sebuah phishing.

Penjahat cyber seringkali membuat kesalahan dalam email yang dibuat. Anda perhatikan dengan baik isi email dan alamat email pengirim. Apabila menggunakan nama perusahaan atau instansi, Anda dapat cek kebenarannya dengan browsing atau menghubungi via telepon.

  • Berhati-hati dengan Ancaman dan Tenggat Waktu

Kadang sebuah perusahaan terkemuka atau instansi meminta Anda melakukan sesuatu karena hal yang mendesak dengan cara menggunakan ancaman dan ingin dilakukan dengan cepat. Maka itu adalah tanda-tanda dari phishing.

Beberapa ancaman yang biasa mereka lakukan adalah berupa denda, ancaman hukuman, atau mengancam akan menutup akun Anda.

Segera hubungi perusahaan atau instansi tersebut melalui saluran terpisah sehingga Anda dapat memperoleh informasi yang sebenarnya.

  • Browsing Menggunakan HTTPS

Pastikan Anda berselancar di website yang aman. Indikatornya adalah ditunjukkan dengan https:// dan ikon keamanan berupa gembok pada browser address bar

Kami sarankan Anda untuk tidak pernah menggunakan Wi-Fi publik untuk segala hal yang berhubungan dengan transaksi dan aktivitas perbankan, belanja atau memasukkan informasi pribadi online.

Leave a Comment

shares