Era Digital? Mudah atau Penuh Tantangan?

Sharing is caring!

Saat ini adalah zaman yang mana berbagai jenis teknologi digital sangat mengalami perkembangan dan kemajuan luar biasa pesat. Sebuah gaya hidup masyarakat atau generasi milenial saat ini memang tidak bisa lepas dari teknologi digital. Lalu, era digital itu mudah atau penuh tantangan?

Era digital yang semakin maju juga tetap memiliki sisi negatif dan sisi positifnya. Anda harus bisa melihat dari dua sudut pandang yang berbeda sehingga akan tercipta keseimbangan di kehidupan Anda dan tentunya akan membawa dampak positif bagi kehidupan Anda.

Era Digital Adalah …

Era digital adalah masa yang mana semua manusia dapat saling berkomunikasi sedemikian dekat walaupun saling berjauhan bahkan dengan cepat mengetahui informasi tertentu dengan real time. Era digital juga disebut dengan globalisasi.

Menurut Anthony Giddens, pengertian globalisasi adalah intensifikasi hubungan sosial secara mendunia sehingga menghubungkan antara peristiwa di satu lokasi dengan lokasi lainnya serta menyebabkan terjadinya perubahan pada keduanya.

Dampak Perkembangan Teknologi di Era Digital

Kemajuan teknologi dalam konteks berfokus kepada media sosial, tentu saja memiliki dampak positif dan negatif.

Dampak positif dan negatif tersebut adalah :

  1. Media Penyebaran Informasi

Informasi yang up to date sangat mudah menyebar melalui situs jejaring sosial hanya berjarak beberapa menit setelah kejadian. Ini sangatlah bermanfaat bagi kita yang hidup di era digital sekarang ini.

  1. Sarana Mengembangkan Keterampilan dan Sosial

Kita perlu mengembangkan keterampilan teknis dan sosial kita dengan cara terus mengasah karena hal tersebut merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi agar bisa bertahan hidup. Selain itu, agar bisa bertahan dan berkembang di tengah neraca persaingan era modern sekarang ini.

  1. Memperluas Networking

Dengan menggunakan jejaring sosial, kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja bahkan dengan orang yang belum kita kenal dari berbagai penjuru dunia. Kelebihan ini dapat kita manfaatkan untuk menambah wawasan, bertukar pikiran, saling mengenal budaya, dan lain-lain.

  1. Kejahatan Dunia Maya

Seiring berkembangnya teknologi maka berkembang pula kejahatan. Di dunia internet dikenal dengan nama cyber crime. Kejahatan dunia maya sangatlah beragam, antara lain carding, hacking, cracking, phising, dan spamming.

  1. Menurunnya Sensitifitas

Maksudnya adalah menurunnya tingkat simpati dan empati seseorang terhadap dunia nyata. Manusia menjadi mengabaikan sesuatu yang terjadi di sekitar dan lebih memilih untuk memperhatikan sesuatu yang terjadi di dunia maya.

Kemudahan di Era Digital

Secara garis besar, era digital memberikan beberapa kemudahan dalam hidup kita, antara lain:

  1. Mudahnya Berkomunikasi

Saat ini kita telah memasuki era globalisasi 3.0 yang mana kehidupan manusia dikelilingi oleh teknologi digital. Semua manusia saling terhubung dengan adanya internet. Apalagi dengan munculnya email dan media sosial seperti sekarang.

  1. Mobile dan Fleksibel

Anda bisa mengerjakan apapun secara mobile bahkan banyak event online sehingga tidak harus datang ke lokasi. Bahkan banyak online course yang bisa diikuti dan ada beberapa universitas yang menyediakan fasilitas kuliah online.

Di bidang ekonomi dan perbankan, Anda bisa menggunakan Virtual Account untuk melakukan pembayaran.

  1. Mudahnya Berbelanja

Cukup bermodalkan smartphone atau layar laptop serta internet, Anda bisa memilih barang sesuai kebutuhan. Proses pembayarannya pun mudah. Anda cukup transfer saja sesuai nominal dan barang akan langsung diantar.

  1. Tidak Ribet

Anda bisa bepergian tanpa takut tersesat karena menggunakan aplikasi GPS, seperti Google Maps. Terkait alat transportasi, saat ini hadir berbagai ojek online dan taksi online.

  1. Cashless

Di era digital, Anda bisa menggunakan debit, e-money, dan kartu kredit. Jika ada permasalahan semisal tagihan listrik yang belum dibayar maka ada bantuan mobile banking atau internet banking. Ingin berdonasi pun telah difasilitasi dengan banyak aplikasi crowdfunding yang bisa digunakan.

 

Globalisasi atau era digital pun mengharuskan Anda untuk memiliki website lho. Hal ini untuk mempermudah urusan personal maupun urusan bisnis Anda. Ingin tahu alasan kenapa mesti memiliki website? Yuk klik https://blog.jetorbit.com/10-alasan-pentingnya-memiliki-website-untuk-bisnis-dan-masyarakat/

 

Bagi Anda yang ingin memiliki website, Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Hal ini dikarenakan salah satu faktornya adalah pengguna internet Indonesia sudah menembus 150 juta penduduk. Tahun 2018 masih berjumlah 143 juta. Artinya pengguna ini merupakan pasar potensial bagi dunia bisnis. Maka tidak ada salahnya menjemput bola dengan cara menciptakan alat-alat bisnis online, seperti website, media sosial, messenger, Google Bisnisku lalu ciptakan strategi!

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Era Digital? Mudah atau Penuh Tantangan?
Artikel
Era Digital? Mudah atau Penuh Tantangan?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Gaya hidup masyarakat atau generasi milenial saat ini memang tidak bisa lepas dari teknologi digital. Lalu, era digital itu mudah atau penuh tantangan?
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment

shares