Apa Sih Perbedaan HTTP dan HTTPS? Yuk Cari Tau di Sini

Sharing is caring!

Saat Anda mengakses alamat website, pastinya Anda sering memperhatikan terdapat dua link yang berbeda, yaitu HTTP dan HTTPS. Lalu apa sih perbedaan keduanya?

Pada artikel ini, Jetorbit akan mengajak Anda mengetahui perbedaan HTTP dan HTTPS serta keuntungan apa yang didapatkan jika memakai  HTTPS di website.

Pengertian HTTP dan HTTPS

HTTP (Hypertext transfer protocol) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia . atau secara mudahnya HTTP merupakan aturan dasar atau protokol yang mengatur komunikasi antara client dan  server. client adalah user yang meminta dan menerima informasi sedangkan server adalah yang memberikan informasi tersebut.

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) memiliki arti yang sama seperti HTTP. akan tetapi HTTPS memiliki kelebihan di bidang fungsi keamanan (secure). HTTPS ditemukan oleh Netscape Communications Corporation. HTTPS menggunakan Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS) sebagai sublayer bawah lapisan aplikasi HTTP biasa.

Perbedaan Utama HTTP dan HTTPS

Beberapa perbedaan utama antara http dan https:

  1. Keamanan data yang dikirimkan

Https bekerja dengan transmisi interaksi sedangkan http normal melalui sistem terenkripsi sehingga dalam teori, informasi yang tidak dapat diakses oleh pihak lain selain akhir client dan server.

  1. Kebutuhan SSL

Secara default, protokol yang digunakan untuk komunikasi client-server adalah HTTP. Sementara itu untuk dapat menggunakan protokol HTTPS, kita diharuskan memiliki sertifikat SSL. Secure Socket Layers (SSL) adalah teknologi keamanan yang memungkinkan untuk melakukan enkripsi terhadap data yang akan ditransmisikan antara client dan server. SSL memungkinkan kita untuk dapat mengirim informasi penting, seperti nomor kartu kredit dan login credential dengan aman.

Ada dua jenis umum lapisan enkripsi, yaitu Transport Layer Security (TLS) dan Secure Socket Layer (SSL) yang mana keduanya merupakan rekaman data encode yang dipertukarkan.

  1. Port yang digunakan.

Perbedaan lainnya yang paling mendasar adalah Port default untuk HTTP adalah 80 dan untuk HTTPS adalah 443.

Keuntungan HTTPS Dibandingkan HTTP

Lalu apa saja keuntungan protokol HTTPS dibandingkan HTTP dalam penggunaannya?

  • Mengamankan data dan transaksi yang ada di websitedengan enkripsi, termasuk untuk password dan lainnya.
  • Menambah tingkat kepercayaan pengunjung websitedengan warna hijau yang biasanya terdapat pada address bar dan ikon.
  • Prioritas dalam mendapatkan ranking SEO yang lebih baik di laman pencarian Google.
  • Meningkatkan kepercayaan pengunjung website untuk melakukan transaksi atau bisnis dengan Anda.
  • Berhak menampilkan SSL Secured Sealdi website.
  • Meningkatkan penjualan atau conversion rate di website sebagai hasil dari kepercayaan konsumen yang meningkat.
  • Mendapatkan layanan free malware scanning dan security vulnerability assessment gratis dari Symantec

 

Leave a Comment

shares