Apa Itu VPN dan Fungsinya

Sharing is caring!

Saat Anda melakukan browsing atau pencarian melalui internet, mungkin Anda sudah tidak asing dengan kata VPN. Lalu apa yang dimaksud dengan VPN?

Pengertian VPN

VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah koneksi antara sebuah jaringan internet dengan jaringan lainnya yang bersifat pribadi melalui koneksi internet yang bersifat publik.

VPN bersifat pribadi karena memang ditujukan untuk masalah keamanan yang lebih serius. VPN biasanya digunakan oleh perusahaan, pemerintah, dan organisasi militer untuk melindungi data sensitif mereka saat sedang menggunakan jaringan.

Namun, saat ini penggunaan VPN secara pribadi juga semakin meningkat karena dapat melindungi identitas dan privasi pengguna saat berselancar di internet.

Fungsi VPN

  • Mengamankan Transaksi Saat Sedang Terkoneksi dengan Internet

VPN sudah pasti menjadi salah satu fitur yang wajib untuk diaktifkan semisal Anda menggunakan e-banking. Apalagi saat Anda berada di luar kota dan menggunakan akses internet public, seperti wifi dan warnet.

Pencurian data akan lebih mudah dilakukan jika Anda sering menggunakan sumber internet yang bersifa public. Anda wajib menggunakan VPN untuk melakukan segala bentuk transaksi menggunakan internet untuk menghindari hal ini.

  • Menutupi Aktivitas Browsing

Fungsi VPN sangat berguna bagi user yang membutuhkan privasi saat browsing. VPN dapat membantu untuk menutupi dan menyembunyikan aktivitas internet yang user lakukan sehingga history dari apa yang sudah user browsing di internet tidak akan terdeteksi oleh orang lain.

  • Dapat Mengakses Website yang Diblokir oleh Host atau ISP

Anda dapat menggunakan VPN untuk membantu agar tetap dapat mengakses situs yang sudah diblokir.

Fungsi ISP sendiri untuk memperluas jaringan ke user dengan cara mendukung penggunaan internet secara optimal, melakukan proteksi terhadap virus saat mengakses internet, dan mengontrol speed akses internet pada user.

  • Mengakses Konten dari Situs yang Mengalami Sensor

Beberapa konten di internet juga terkadang mengalami penyensoran karena alasan tertentu oleh host dan juga internet service provider.

Dengan melakukan browsing dan juga pengaksesan internet menggunakan VPN maka Anda dapat masuk ke dalam situs yang memiliki konten yang disensor.

  • Meningkatkan Kecepatan Download File

Terkadang VPN juga dapat berfungsi untuk meningkatkan speed atau kecepatan internet. Anda dapat menggunakan VPN untuk membantu meningkatkan kecepatan download beberapa file yang memiliki ukuran sangat besar di internet. 

Hal ini dikarenakan saat menggunakan VPN, user seperti menggunakan jaringan pribadi yang mana sedikit digunakan oleh orang lain sehingga kecepatan menjadi bertambah. Selain itu, user juga dapat terkoneksi langsung dengan arus data yang mengalir di internet yang tentunya dapat meningkatkan kecepatan download.

Anda butuh VPN siap pakai? kami bisa memberikan solusinya. VPN Indonesia harga Rp 150.000/perbulan. Kami juga sediakan hosting murah untuk keperluan website anda.

Leave a Comment

shares