Apa Itu Virtual Private Server atau VPS? Apa Saja Fungsinya?

Sharing is caring!

Pada saat kita memiliki sebuah sistem administrator yang bergerak secara tradisional maka hanya memiliki 1 jenis server fisik saja dan dengan 1 tujuan saja. Semakin berkembangnya teknologi seperti virtualisasi membuat hal ini tidak menjadi masalah lagi.

Kita dapat menghost beberapa server dengan 1 server fisik saja. Setiap server yang tergabung tetap memiliki sistem operasi yang tujuan masing-masing.

Apa Itu Virtual Private Server?

Virtual Private Server adalah sebuah server yang dibagi menjadi beberapa virtual server yang dapat diinstall OS dan berbagai aplikasi nya sendiri. VPS merupakan teknologi yang memungkinkan sebuah komputer (server) dengan kapasitas resource hardware yang sangat besar lalu dapat dibagi-bagi menjadi beberapa virtual komputer yang mandiri.

Terkadang VPS juga disebut sebagai Virtual Dedicted Server (VDS).

Virtual Private Server (VPS) biasanya digunakan untuk keperluan Web server software, File Transfer Protocol program, mail server program dan berbagai jenis aplikasi software untuk kebutuhan blogging atau e-commerce. Pada dasarnya VPS ini menjadi penengah dan menutupi kekurangan yang dimiliki oleh shared hosting dan dedicated hosting, yaitu dengan memberikan kebebasan secara penuh terhadap sistem operasi yang dijalankan oleh user.

Fungsi atau Kegunaan Virtual Private Server Itu Apa Saja?

VPS atau VDS memiliki beberapa kegunaan, di antaranya:

  • Hosting atau Webserver

VPS seringkali digunakan sebagai sebuah webserver untuk hosting atau untuk berbagai jenis webserver, seperti web komersiil, institusi pemerintahan maupun organisasi. Menggunakan VPS atau VDS ini mampu untuk mencukupi hosting atau webserver pada umumnya karena menggunakan sebuah resource yang besar.

  • File Server

Jadikan VPS sebagai pusat data untuk bisnis Anda. Selalu tersedia kapanpun Anda ingin menempatkan dan mengambilnya. Selain hosting terjangkau dan berkualitas, Jetorbit juga memiliki paket Virtual Private Server (VPS). Di sini Anda akan mempunyai keleluasaan membangun website sendiri. Paket VPS Jetorbit ini bisa Anda dapatkan mulai dari Rp 150.000,- perbulan.

  • Game Server

Dengan latency yang rendah, membuat kecepatan internet menjadi lebih kencang.

Siapa Saja Yang Memerlukan VPS?

Website atau portal dengan pengunjung sangat banyak sudah pasti membutuhkan VPS karena shared hosting tidak lagi sesuai digunakan untuk website atau portal tersebut.

Jika Anda seorang pemilik web hosting maka Anda akan membutuhkan VPS sebagai suatu pilihan yang tepat untuk memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pelanggan web hosting yang Anda miliki.

Pemerintah pun membutuhkan VPS dikarenakan VPS akan menyimpan data-data penting secara private dan terjamin keamanannya.

Badan yang selanjutnya membutuhkan VPS adalah TV untuk melakukan video streaming, pengembang suatu aplikasi untuk menghadirkan sebuah layanan yang terintegrasi. Selanjutnya badan yang menggunakan VPS adalah badan yang menggunakan VPS untuk penginstallan aplikasi-aplikasi khusus.

Kelebihan dan Kekurangan VPS

Di bawah ini akan dijabarkan beberapa kelebihan dan kekurangan dari Virtual Private Server.

Kelebihan VPS

  1. Lebih cepat dan handal daripada server shared hosting.
  2. Jaminan resource server, seperti memori atau processing power sehingga fluktuasi pada resource yang tersedia berkurang bahkan tidak ada.
  3. Masalah terkait website dan traffic yang terjadi di user lain tidak mempengaruhi situs Anda.
  4. Anda memperoleh akses superuser (root) ke server.
  5. Privasi lebih terjamin sebagaimana file dan database tersimpan dan tersembunyi dari user server lain.
  6. Layanan mudah di-scale. Anda bisa dengan mudah mengupgrade resource server (RAM, CPU, disk space, bandwidth, dan lain-lain).

Kekurangan VPS

  1. Lebih mahal daripada shared hosting.
  2. Mengharuskan Anda untuk memiliki pemahaman teknis yang lebih agar dapat mengelola server.
  3. Salah dalam pengaturan server yang salah akan berisiko tinggi terhadap keamanan.

Leave a Comment

shares