Apa Itu APN dan Fungsinya

Sharing is caring!

Telah kita ketahui bersama bahwa sekarang ini hampir seluruh penduduk dunia mengetahui bahkan telah mengakses internet. Salah satu device yang mereka pakai untuk mengakses internet adalah ponsel. Benda yang bernama lain smartphone ini juga tidak luput dari masalah saat digunakan, terutama koneksi. Biasanya hal pertama yang dicek seseorang saat itu terjadi adalah settingan APN-nya. Kami akan menyampaikan sedikit ulasan terkait apa itu APN dan fungsinya.

APN itu adalah …..

Kian banyaknya masyarakat yang mengakses internet lalu memiliki sambungan data yang telah terkonfigurasi dengan APN untuk ditampilkan ke carrier ponsel adalah suatu keharusan. APN sendiri merupakan gateway yang dipakai untuk mengidentifikasi sebuah jaringan penghubung ponsel atau komputer ke internet.

Dapat pula diartikan sebagai jembatan antara ponsel dengan operator penyedia jaringan internet. APN adalah settingan pada ponsel yang digunakan operator untuk menjembatani PDN (Packet Data Network) yang diinginkan user, misalnya GSM, GPRS, 3G, H+ atau 4G.

Struktur APN terdiri atas:

  • Network Identifier

Merupakan bagian yang sangat wajib digunakan karena berperan dalam mendefinisikan jaringan eksternal di mana GGSN (Gateway GPRS Support Node) terhubung.

  • Operator Identifier

Bagian yang bersifat opsional, yakni untuk mendefinisikan jaringan paket operator spesifik, di mana GGSN berada. Di sana ada MCC (Mobile Country Code) atau kode negara dan MNC (Mobile Network Code) atau kode jaringan seluler yang bisa mengidentifikasi operator yang digunakan secara otomatis.

APN mengandung informasi-informasi khusus, seperti nama profil, username, password, jenis autentifikasi, proxy, dan sebagainya. Informasi khusus tersebut dijadikan bahan pertimbangan oleh operator untuk memberikan akses internet di ponsel Anda.

Dengan APN, operator bisa memastikan device menentukan IP address yang benar dan cocok serta terhubung ke server gateway yang aman. Sehingga user dapat menikmati internet dengan aman dan nyaman.

Kabar baiknya, saat ini kebanyakan smartphone telah dibekali settingan yang bisa menyesuaikan jaringan secara otomatis.

Fungsi APN

Fungsi APN adalah sebagai penghubung antara device dengan operator yang menyediakan layanan internet. APN akan memberikan akses internet sesuai dengan provider  yang digunakan.

Selain itu, APN juga digunakan untuk menentukan jenis layanan, misal koneksi ke WAP (Wireless Application Protocol) dan MMS (Multimedia Messaging Service) yang ditawarkan oleh PDN.

Anda pernah merasa kebingungan kah antara APN dan VPN? Keduanya jelas berbeda termasuk berbeda dalam fungsi masing-masing. Anda bisa membaca ulasan kami terkait VPN di https://blog.jetorbit.com/apa-itu-vpn-dan-fungsinya/

Bagi Anda yang ingin memiliki website, Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Hal ini dikarenakan salah satu faktornya adalah pengguna internet Indonesia sudah menembus 150 juta penduduk. Tahun 2018 masih berjumlah 143 juta. Artinya pengguna ini merupakan pasar potensial bagi dunia bisnis. Maka tidak ada salahnya menjemput bola dengan cara menciptakan alat-alat bisnis online, seperti website, media sosial, messenger, Google Bisnisku lalu ciptakan strategi!

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu APN dan Fungsinya
Artikel
Apa Itu APN dan Fungsinya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Hal pertama yang dicek seseorang saat koneksi smartphone terganggu adalah settingan APN. Yuk caritau apa itu APN dan fungsinya di Jetorbit.
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment

shares