7 Alasan Anda Harus Memiliki Website

Sharing is caring!

Ketika Anda membuat sebuah situs website atau Anda diminta untuk membuat sebuah situs website oleh klien, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui terlebih dahulu tujuan dari website itu apa. Jangan sampai Anda tidak tahu tujuan memiliki website itu apa karena setiap website jelas memiliki tujuan yang berbeda. Berikut ini akan dijelaskan tentang tujuan dari pembuatan website.

  • Sebagai Situs yang Menyediakan Pelayanan dan Transaksi

Tujuan memiliki websitesalah satunya adalah sebagai penyedia layanan dan transaksi yang bisa dilakukan melalui online atau nama lainnya adalah E-Commerce (Electronic Commerce). Dengan banyaknya e-commerce ini bisnis pun bisa dilakukan kapan pun, di mana pun serta menjadi lebih mudah dan cepat. Untuk Indonesia sendiri, sudah menjamur startup yang menggunakan website seperti ini guna keperluan bisnis. Bagi Ada yang ingin tahu lebih jauh terkait e-commerce, bisa klik link berikut https://blog.jetorbit.com/perbedaan-marketplace-online-shop-dan-e-commerce/

  • Sebagai Wadah Komunitas

Tujuanlain adalah sebagai wadah komunitas. Di dalam website seperti itu biasanya akan ada fitur bernama forum. Di mana fitur tersebut sangat diminati oleh banyak orang, juga para pengunjung website tersebut bisa mengirimkan berita, foto dan sebagainya serta para pengunjung lain dapat memberikan respon. Di dalam forum semua pengunjung bisa berkumpul dan mengobrol dengan membicarakan berbagai topik yang sudah tersedia.

  • Untuk Personal atau Pribadi

Website personal biasanya banyak digunakan sebagai ajang mempromosikan diri sendiri atau personal branding. Biasanya sarana yang paling banyak digunakan adalah blog. Blog ini bisa dimiliki oleh semua orang, mulai olahragawan, penulis buku, artis, band, dan lain-lain. Dari adanya blog ini, sang pemilik blog bisa bebas dalam menulis dan menyampaikan opini atau apapun yang dapat dibaca oleh pengunjung blog tersebut. Apapun yang ada di dalam pemikiran Anda bisa dijadikan sebagai bahan tulisan yang kemudian diunggah ke blog personal ini.

  • Sebagai Sarana Pemasaran

Tujuan memiliki website yang paling umum adalah untuk keperluan pemasaran (mempromosikan) sebuah produk atau pelayanan jasa. Kenapa banyak orang yang membuat website sebagai alat pemasaran? Karena melakukan pemasaran atau promosi melalui internet jangkauannya lebih luas dan lebih cepat dibandingkan pemasaran face to face dan door to door. Alasan lainnya adalah ternyata dengan beroperasi melalui website, pengelola bisnis atau pemasar produk dapat menghemat banyak sekali biaya sebab mereka tidak perlu menyewa SPG atau Sales Promotion Girl, tidak ada lagi biaya untuk menyewa booth, pameran, gedung bahkan gudang. Semua dikelola di satu platform bernama website dan sistemnya berjalan secara otomatis. Untuk sistem pemesanan bahkan tidak diperlukan keterlibatan manusia di dalamnya. Pengelola bisnis cukup melakukan promosi melalui media sosial atau SEO.

  • Katalog Suatu Produk

Ada juga orang yang membuat website untuk katalog elektronik yang mana isinya adalah foto produk-produk yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Alasan utama mengapa website tersebut dibuat adalah untuk memasarkan produk perusahaan kepada publik melalui internet. Dikarenakan banyak produk yang ada maka informasi mengenai produk juga harus diupdate secara berkala. Jika harus menggunakan katalog cetak, biaya yang harus dikeluarkan akan besar hanya untuk sekadar memperbaharui informasi produk. Selain itu, membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

  • Diperuntukkan untuk Pendidikan

Seiring perkembangan teknologi yang semakin hari semakin canggih maka memberi ide munculnya banyak website atau situs-situs pendidikan berbasis online atau yang biasa disebut dengan E-Learning. E-Learning ini bisa didefinisikan sebagai sekolah maya atau definisi lainnya sebuah usaha dalam membuat kegiatan belajar mengajar yang terdapat di sekolah bisa dilakukan dalam bentuk digital yang dipelopori oleh adanya teknologi internet. Di dalam E-Learning ini juga memungkinkan kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan secara live. Maksudnya adalah guru dan para siswanya tidak berada di satu ruangan yang sama tetapi guru akan menjelaskan di depan komputer dan para siswanya akan mengikuti pelajaran melalui komputer lain di tempat yang berbeda namun di waktu yang bersamaan.

  • Sebagai Sebuah Portal

Portal adalah gerbang yang akan menghubungkan beberapa situs menjadi sebuah komunitas besar. Misal, sebuah website portal berita yang mana di dalamnya banyak berisi kanal dengan kategori berita yang diinginkan dan berbagai macam kanal lainnya.  Contoh lain, sebuah portal media edukasi dan informasi yang mempunyai banyak kanal untuk menuju ke sarana lain, forum, dan lain-lain.

Dengan macam jenis dan penggunaan website diatas, sekarang kamu sudah tau fungsi dan tujuan dari memiliki website. Di tahun 2019 ini website bukan lagi hanya sebagai alat sampingan, namun sebagai kekuatan utama untuk menyebarluaskan produk tau hasil karya kamu.

Yuk buat website sekarang di Jetorbit.com sudah include dengan template untuk memudahkan kamu membuat website dan gratis SSL juga lho!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

shares